(E-SKRIPSI) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DIBIDANG ANGKUTAN UMUM (Studi Pada Penyelenggara Angkutan Umum Di Kota Bandar Lampung)
Penelitian ini menganalisis tentang Bagaimana Kualitas Pelayanan
Masyarakat Dibidang Angkutan Umum (Studi Pada Penyelenggara Angkutan
Umum di Kota Bandar Lampung) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana
kualitas pelayanan masyarakat dibidang angkutan umum Kota Bandar lampung.
Dan hambatan apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan masyarakat
dibidang angkutan umum di Kota Bandar Lampung. Terdapat lima indikator
pelayanan jasa yang dapat digunakan sebagai alat mengkur kualiatas pelayanan
yaitu Berwujud (Tangibel), Keandalan (Reliability), Daya tanggap
(Responsiviness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty). Berdasarkan lima
indikator tersebut dapat diketahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan
kepada penyelenggara angkutan umum dikota bandar lampung.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah diperoleh dari
wawancara dengan beberapa informan yang terlibat dalam pelayanan masyarakat
yang diberikan oleh penyelenggara angkutan umum dikota bandar lampung.
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil
bahwa kualitas pelayanan masyarakat dibidang angkutan umum sudah cukup
efektif namun masih ada yang harus ditingkatkan kembali yaitu indikator
Tangible seperti kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu, kebersihan dan
kenyamanan gedung bangunan, dan juga kelengkapan sarana dan prasarana yang
dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung.
Saran yang dapat diberikan oleh peneliti diantaranya, sebaiknya
Penyelenggara Angkutan Umum di Kota Bandar Lampung menambahan jumlah
sarana dan prasarana seperti komputer, mesin ketik, dan alat penunjang lainnya,
kemudian membentuk tim petugas kebersihan guna menjaga kebersihan ruang
tunggu dan gedung yang ada pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung
khususunya dibidang Angkutan Umum agar masyarakat dapat merasa puas
dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Penyelenggara angkutan umum di
kota bandar lampung.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan penyelenggara angkutan umum
Tidak tersedia versi lain