(E-SKRIPSI) AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS DALAM UPAYA MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada Manajer Perusahaan Oops Pujasera Bandar Lampung)
Customer Relations dilakukan oleh perusahaan untuk membina hubungan
baik dengan pelanggannya, sehingga perusahaan tersebut mencapai tujuannya.
Karena diyakini bahwa pelanggan merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah
perusahaan. Adapun permasalahan yang peneliti bahas dalam penelitian ini adalah
bagaimana aktivitas customer relations yang dilakukan Oops Pujasera dalam
upaya membangun citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan pedoman
suatu teori milik Dwyer, lima tahapan perkembangan hubungan yaitu: awareness
(kesadaran), exploration (penjajagan), expansion (ekspansi atau peningkatan),
commitment (komitmen), akhir hubungan.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode observasi, melakukan
wawancara sebagai alat pengumpulan data. Pendekatan yang digunakan dengan
pengumpulan wawancara mendalam (indepth interview) dengan key informan
sebagai data primer dan data sekunder, serta data-data yang ada pada perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membina hubungan baik dengan
customer relations di Oops Pujasera merupakan tanggung jawab semua bagian
yang terlibat di dalam Oops Pujasera. Adanya kesinambungan dari semua bagian
yang terlibat di dalam Oops Pujasera membuat pelanggan merasa senang bila
berkunjung. Sehingga timbal balik dari kepuasan pelanggan menciptakan citra
positif bagi Oops Pujasera.
Kata kunci: Strategi Public Relations, Customer Relations, Citra Positif
Tidak tersedia versi lain