(E-SKRIPSI) ANALISIS EFEKTIVITAS MANAJEMEN KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN
Dengan Judul Analisis Efektivitas Manajemen
Komunikasi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandar Lampung Dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan, dibawah bimbingan H. Yadi Lustiadi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan
manajemen komunikasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandar
Lampung, (2) Apa yang menjadi kendala efektivitas manajemen komunikasi
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandar Lampung dalam
meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, (3) Upaya apa yang telah dilakukan
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandar Lampung dalam mengatasi
kendala, (4) Upaya apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kendala
tersebut.
Metode penelitian yang menurut peneliti sesuai dengan metode penelitian
ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis
deskriptif, Penggunaan metode ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji
secara kualitatif, bagaimana persepsi pengelola tentang Manajemen Komunikasi
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandar Lampung, Seluruh data
diperoleh langsung dari informan dilapangan dengan menggunakan wawancara
dan obsevasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas manajemen komunikasi
perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandar Lampung dalam
meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan, telah dilaksanakan, namun masih
mengalami berbagai kendala sehingga belum berjalan efektif. Dari peran
interpersonal, pelaksanaannya masih kurang ditransmisikan, sehingga banyak
yang mempertanyakan tentang sistem pelayanan air bersih beserta kendala yang
dihadapi sehingga kualitas pelayanan tidak efektif, Dari peran informasional
dalam menjalankan kebijakan belum efektif. Dari faktor komunikasi di PDAM
tidak dilaksanakan sesuai standar operasional, bahwa pelaksana pendataan
meteran pelanggan air bersih, tidak bertugas sebagai pengawas kerusakan
perpipaan, kemudian kebijakan penguasa sering menunjuk salah satu Dinas terkait
untuk melaksanakan kebijakan tersebut tanpa koordinasi pihak PDAM, sehingga
terjadi kesenjangan tugas dan kewenangan antar sektor, dengan demikian tidak
tercipta koordinasi dengan baik antar institusi terkait.
KATA KUNCI: Efektivitas, Manajemen, Komunikasi.
Tidak tersedia versi lain