(E-SKRIPSI) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PARIS BOUTIQUE DI BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya usaha butik yang semakin pesat, sehingga terjadilah persaingan untuk dapat bertahan dalam pasar serta memberikan kepuasan kepada konsumen secara maksimal. Permasalahan yang dihadapi oleh Paris Boutique adalah bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Paris Boutique di Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Paris Boutique di Bandar Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dari 100 responden, dimana respondennya adalah konsumen Paris Boutique, alat analisis yang digunakan adalah Analisis Tingkat Kesesuaian dan Analisis Diagram Kartesius.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 89,89%, dimana terdapat 13 atribut yang berada di atas rata – rata tingkat kesesuaian tersebut dan 7 atribut yang berada dibawah rata–rata tingkat kesesuaian tersebut. Hasil dari perhitungan tabel Importance Performance Analysis diketahui rata–rata tingkat kualitas pelayanan adalah 4,04 dan rata-rata tingkat kepuasan konsumen adalah 4,50. Hasil dari pengukuran Diagram Kartesius terdapat 3 atribut yang berada di Kuadran A yang menjadi prioritas utama bagi Paris Boutique untuk ditingkatkan karena dianggap sangat penting bagi konsumen namun kinerja yang diberikan tidak memuaskan, yaitu tata letak produk tersusun dengan rapi, Karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidangnya, dan karyawan bersedia menyelesaikan keluhan konsumen sampai selesai.
Berdasarkan hasil dari pendekatan tingkat kesesuaian, tabel Importance Performance Analysis, dan Diagram Kartesius maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan sudah dapat memenuhi kepuasan konsumen pada Paris Boutique di Bandar Lampung.
Kata kunci :Kualitas Pelayanan,Kepuasan Konsumen.
Tidak tersedia versi lain