(E-SKRIPSI) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS JASA PADA PO. PUSPA JAYA DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Bus Executive Trayek Lampung – Semarang – Yogyakarta – Solo)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan bisnis global membuat alur transportasi dan perhubungan menjadi semakin berkembang dan maju dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya bisnis yang berimbas pada perjalanan seseorang yang memaksa mereka untuk berpindah atau berpergian dari kota satu kekota yang lainnya. Dan alternatif yang dapat mereka gunakan salah satunya adalah jasa transportasi darat, dimana jasa transportasi ini merupakan alternatif yang dapat digunakan oleh penumpang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dari 100 responden, dimana respondennnya adalah konsumen PO. Puspa Jaya di Bandar Lampung, alat analisis yang digunakan adalah Analisis Tingkat Kesesuaian dan Analisis Diagram Kartesius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 89% dimana dari 20 indikator terdapat 1 indikator dengan kategori sesuai (Pernyataan 14) dan sisanya 19 indikator dengan kategori sangat sesuai. Hasil dari perhitungan tabel Importance Performance Analysis diketahui rata-rata tingkat kualitas jasa adalah 3,89 dan rata-rata tingkat kepuasan konsumen adalah 4,40. Hasil dari pengukuran diagram kartesius terdapat 5 indikator yang berada di kuadran A yang menjadi prioritas utama bagi PO. Puspa Jaya untuk ditingkatkan karena dianggap sangat penting bagi konsumen namun kinerja yang diberikan tidak memuaskan, yaitu Bus yang layak untuk digunakan dan nyaman untuk penumpang, Ketepatan keberangkatan dan waktu tiba, Karyawan yang bersikap sopan dalam melayani konsumen. Berdasarkan hasil dari pendekatan tingkat kesesuaian, tabel Importance Performance Analysis, dan diagram kartesius maka dapat disimpulkan bahwa kualitas Jasa yang diberikan sudah memberikan kepuasan kepada konsumen PO. Puspa Jaya di Bandar Lampung namun belum optimal.
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain