(E-SKRIPSI) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM MENGUBAH PAKET LAYANAN DATA INTERNET SEPIHAK OLEH PIHAK PROVIDER ( STUDI KASUS PT.TELKOM KANWIL LAMPUNG)
Pengubahan harga dan paket secara sepihak itu jelas sangat merugikan konsumen.
Pada Pasal 18 ayat (1) huruf d Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen menyebutkan dilarang mencantumkan klausula baku
apabila, Menyatakan pemberian kuasa dari konsumen kepada pelaku usaha baik
secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan segala tindakan sepihak
yang berkaitan dengan barang yang dibeli oleh konsumen secara angsuran.
Permasalahan yang diangkat adalah hak- hak konsumen apa saja yang dilanggar
dengan adanya penggantian layanan paket data internet secara sepihak, bagaimana
bentuk pelanggaran dalam perubahan paket dan layanan Internet dan upaya yang
dilakukan dalam hal meyelesaikan penggantian pelayanan paket data internet
secara sepihak.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis normatif dan empiris,
analisis data yang di gunakan adalah kualitatif, jenis data yang digunakan data
primer dan sekunder
Hasil dari penelitian ini adalah, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang
menyediakan layanan jasa telekomunikasi kepada masyarakat dengan tujuan
mencari keuntungan ekonomis, sedangkan pelanggan sebagai pihak yang
memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan layanan jasa telekomunikasi
kepada PT Telkom, jadi tidak ada causa yang melanggar kesusilaan, ataupun
ketertiban umum.
Saran dalam penelitian ini adalah, Hendaknya petugas dari PT Telkom
Memberikan penjelasan secara langsung dan membuat pelanggan mengerti setiap
pasal dalam perjanjian yang diberikan beserta konsekuensi tiap-tiap pelanggaran
terhadap perjanjian tersebut dan Pengguna hendaknya lebih selektif dan mau
membaca ketentuan kontrak yang diberikan oleh pihak provider agar tidak terjadi
hal yang tidak diinginkan oleh pengguna.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Provider, Paket Layanan Data.
Tidak tersedia versi lain