Image of Manajemen pelayanan dan pengembangan organisasi publik : dalam perspektif riset ilmu administrasi publik kontemporer

TEXT

Manajemen pelayanan dan pengembangan organisasi publik : dalam perspektif riset ilmu administrasi publik kontemporer



Lahirnya UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik merupakan langkah dan harapan besar akan terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas tentu saja pelayanan yang dapat memberikan kepuasan semua pihak, mulai dari penyelenggara pelayanan itu sendiri hingga kepada masyarakat yang dilayani. Substansi undang-undang tersebut telah mengarah kepada bentuk perwujudan kualitas pelayanan yang diinginkan oleh semua pihak (stakeholder). Namun demikian, yang sering terjadi permasalahan bukan pada regulasi tersebut, tetapi masalah terkadang muncul dari sisi implementasinya. Kualitas pelayanan publik menjadi barometer keberhasilan implementasi kebijakan otonomi daerah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pada pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik. Teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pemerintahan, dikenal dengan istilah electronic government atau e-government. Sejak diberlakukannya kebijakan otonomi daerah, isu tentang pelayanan publik selalu menarik untuk dikaji dan dibahas, karena pelayanan publik menjadi salah satu barometer keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah. Berbagai kajian dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh banyak faktor, variabel, dimensi dan indikator. Berbagai faktor tersebut adalah: (1) Motivasi kerja birokrasi dan aparatur; (2) Kemampuan aparatur; (3) Pengawasan/kontrol sosial; (4) Perilaku birokrasi/aparatur; (5) Komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi serta iklim komunikasi organisasi dan aliran informasi; dan (6) Restrukturisasi organisasi. Struktur organisasi Pemerintah Daerah selama ini masih terlalu besar, sehingga aktivitas pelayanan publik belum efektif dan efisien. Untuk itu, perlu menata kembali struktur organisasi pemerintahan yang lebih ramping sehingga pelayahanan diharapkan dapat lebih mudah, cepat, dan murah, dengan demikian diharapkan kesejahteraan akan lebih baik.


Ketersediaan

0011757SR 658.3 HAR m c.1Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0013363SR 658.3 HAR m c.4Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0000920SR 658.3 HAR m c.5Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0005942SR 658.3 HAR m c.2Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0013009SR 658.3 HAR m c.3Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0017842FISIP 658.3 HAR m c.31Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035030FISIP 658.3 HAR m c.32Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035031FISIP 658.3 HAR m C.33Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035032FISIP 658.3 HAR m C.34Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035033FISIP 658.3 HAR m C.35Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035034FISIP 658.3 HAR m C.36Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035036FISIP 658.3 HAR m C.37Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0035035FISIP 658.3 HAR m C.38Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0036623PASCA 658.3 HAR m c.11Perpustakaan Pascasarjana UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
658.3 HAR m
Penerbit Gava Media : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv + 182 16 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6948-70-0
Klasifikasi
658
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this