Salah satu esensi kehadiran kebijakan publik (public S policy) adalah memecahkan masalah yang berkembang di masyarakat secara benar. Meskipun demikian, kegagalan sering terjadi karena kita memecahkan masalah secara tidak benar. Analisis kebijakan publik (public policy analysis) merupakan upaya untuk mencegah kegagalan dalam pemecahan masalah melalui kebijakan publik. Oleh karena itu, kehadiran…
Riset Pemasaran merupakan suatu bentuk perencaaan, pengumpulan, penganalisisan dan pelaporan data mengenai masalah yang berhubungan dengan bidang pemasaran. Riset pemasaran dilakukan secara sistematis dimulai dari perumusah masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Riset ini dilakukan untuk meninjau tren bisnis yang berkembang saat ini, ris…
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizin…
Buku ini ditulis sebagai bagian dari pengayaan literatur-literatur mengenai metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif yang sudah banyak ditulis. Penulisannya berdasarkan literatur yang luas akan memaparkan bab-bab yang lengkap dimana bab-bab tersebut sangat dibutuhkan untuk penelitian bidang bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Isi buku yang lengkap namun praktis ini…
Workload analysis atau analisis beban kerja adalah suatu cara yang digunakan oleh setiap perusahaan agar bisa menghitung beban kerja. Itu artinya, beban kerja akan dihitung dengan berdasarkan suatu posisi pekerjaan. Selain itu, analisis ini dilakukan agar bisa menentukan berapa orang pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Analisis beban kerja adalah serangkaian proses yang dilakukan dengan c…
Perubahan dalam edisi kali ini tidak terlalu banyak, akan tetapi cukup penting untuk dilakukan. Pertama, banyaknya permintaan dari pembaca terutama mahaisswa, yang menginginkan contoh cek, dan perhitungan bunga sertifikat deposito yang lebih rinci. Kedua, setiap bab dibuatkan pedoman guna memudahkan penguasaan materi yang harus dicapai oleh pembca. Dengan demikian, diharapkan pengetahuan pemb…
Tahukah kamu mengembangkan startup itu mudah lho! Gimana sih caranya? Singkatnya gini, kita perlu tahu tentang pemasaran dan cara-cara cepatnya dengan kreatif sehingga enggak perlu khawatir dengan saingan di luar nanti. Caranya cukup gila, yaitu dengan Ilmu Dasar Marketing yang mana akan mempermudah kamu memainkan kreativitas menjadi sesuatu yang menjual tanpa harus menjatuhkan orang lain. …
Pelanggan (pembeli) harus dipuaskan. Kalau mereka tidak dipuaskan maka akan meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pihak pesaing. Makin banyak pelanggan yang meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pihak pesaing, penjualan perusahaan akan menurun yang pada gilirannya laba perusahaan juga akan menurun, karena laba berasal dari hasil penjualan. Itulah sebabnya diperlukan pengukuran t…
Buku ini merupakan hasil kajian dari berbagai macam literatur, jurnal ilmiah, dan pengamatan pada perkembangan dua disiplin ilmu yaitu ilmu politik dan ilmu ekonomi pemasaran (marketing) sehingga terjadi “perkawinan silang ilmu” yang menghasilkan cabang ilmu pengetahuan baru yang sering dikatakan sebagai marketing politik. Buku ini membahas beberapa bab. BAB I PENGANTAR KOMUNIKASI POLITI…