Kondisi dan perbuahan cepat yang diikuti pergeseran nilai perlu disikapi secara bijak melalui langkah kegiatan yang terus menerus dan berkesinambungan dalam berbagai aspek pembangunan untuk membangun kepercayaan masyarakat guna mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Oleh karena itu, perlu konsepsi sistem pelayanan publik yang berisi nilai, persepsi, dan acuan perilaku yang mampu mewujudkan ha…
New Public Service (NPS) sebagai paradigma terbaru dari administrasi publik meletakkan pelayanan publik sebagai kegiatan utama para administrator negara/daerah. Salah satu intisari dari prinsip NPS adalah bagaimana administrator publik mengartikulasikan dan membagi kepentingan (shared interests) warga negara melalui pelayanan publik. Berbagai riset, penelitian, ide, gagasan dan kajian tentang k…
Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing masyarakat. Agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki peningkatan pelayanan publik (masyarakat). Saat ini bentuk pelayanan yang perlu diperbaiki oleh pemerintah daerah antara lain adalah Mal pelayanan publik, menyusu…
Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kualitas kinerja pemerintah dalam berbagai tingkat. Penyelenggaraan pemerintah dapat dikatakan baik apabila pelayanan publik yang dilakukan berorientasi langsung terhadap kepentingan masyarakat. Untuk itu, kajian mengenai manaje…
fokus perhatian ilmu manajemen pemerintahan yaitu bagaimana mengelola berbagai tindakan atau kebijakan pemerintah dengan menggunakan berbagai macam konsep, teori dan model-model manajemen dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan khususnya dalam memberikan pelayanan publik (publik services) yang terbaik bagi warga negaranya.
Buku ini secara lengkap membahas 6 (enam) bab terkait manajemen pelayanan publik. Bab pertama, Konsep Dasar Manajemen Pelayanan Publik meliputi konsep dan teori manajemen institusi publik; lingkup, corak, dimensi dan kualitas pelayanan publik; serta pelayanan sektor publik dan privat. Bab kedua, Kajian Normatif Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Indonesia meliputi maksud, tujuan, asas, …
Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayananbahkan dapat dikatakn bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia itu sendiri seperti seorang bayi yang selalu menginginkan pelayanan dari seorang ibu. Dalam kehidupan bernegara, setiap warga negara juga membutuhkan pelayanan dari pemerintah atau birokrat sebagai pengendali kekuasaan yang dinamakan pelayanan publik. Dengan …
Kebijakan publik merupakan salah stau dimensi pokok dalam ilmu dan praktik administrasi publik. Sebagai salah satu unsur penting dalam administrasi publik, kebijakan publik dianalogikan fungsinya sama dengan fungsi otak pada tubuh manusia, akrena melalui instrumen ini, segala aktivitas kehidupan bernegara, dan bersmyarakat mulai dilakukan oleh birokrasi, plus pihak swasta dan masyarakat. Dalam…